Sala Lauak

Kenal dengan nama sala? Yang saya maksud di sini jelas bukan sala sebutan lain dari koto Solo. Sala adalah salah satu makanan khas Pariaman. Jika anda sedang berada di kota Pariaman, salah satu kabupaten di daerah pesisir pantai, sekitar 45 menit dari Padang, makanan ini dengan mudah dijumpai di kota itu terutama di sepanjang pantai Pariaman. 

Di Jawa, mungkin sala akan disebut gorengan. Bentuknya mirip dengan peyek. Jika peyek berisi kacang tanah atau ikan teri kecil, maka sala bisa digoreng dengan bermacam hasil laut yang relatif mudah didapat sebagai daerah pesisir pantai. Ikan laut di Pariaman memang segar sekali saat dimakan. Coba deh singgah di rumah  makan di Pariaman, rasa ikan lautnya pasti beda. Kembali ke sala, ada macam-macam sala. Ada sala udang besar, ada sala udang kecil, ada sala ikan laut (saya lupa nama ikannya), dan ada sala kepiting. Harganya sekitar Rp3500 atau Rp10,000 dapat 3. Kecuali sala ikan laut besar yang harganya Rp7000. 

Selain sala yang disebut di atas ada juga sala lauak. Bentuknya paling beda dibanding dengan sala lainnya. Bentuknya bulat kecil, mirip perkedel namun kulit luarnya sedikit lebih keras dari perkedel. Terbuat dari ikan laut yang dihaluskan lalu digoreng. Sangat nikmat dimakan saat masih hangat. 

Jika membeli sala, biasanya penjual akan menggoreng kembali sala itu supaya tetap krispi karena biasanya sala itu sudah digoreng agak lama sehingga tidak krispi lagi. Lebih enak lagi jika kita membeli sala yang benar-benar baru digoreng, pasti lebih krispi. Kress!! 

Banyumanik, 1 Agustus 2009